← Back to portfolio

Anti Ribet! Ini Cara Scan QR Code Tanpa Aplikasi Bagi Pengguna Android

Published on

Quick Response Code atau biasa disingkat QR Code merupakan perkembangan teknologi dari barcode. QR Code banyak digunakan untuk pembayaran secara non tunai, untuk lebih memudahkan pembeli dan penjual. Ternyata, untuk menggunakan QR Code, pengguna pun bisa tanpa aplikasi, cara scan QR Code tanpa aplikasi bisa dilakukan dengan mudah.

Perbedaan yang paling signifikan dari menggunakan aplikasi atau pun tanpa aplikasi, dapat dilihat dari kemudahannya. Pengguna yang memakai aplikasi tentu dapat lebih mudah dalam penggunaannya, sedangkan jika tanpa aplikasi, pengguna harus membuka fitur atau pun layanan untuk scan QR Code tersebut. Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk scan QR Code tanpa memakai aplikasi, salah satunya memakai Google Lens :

1. Buka Aplikasi

    Cara scan QR Code tanpa aplikasi mampu menjadi jalan pintas bagi pengguna yang ruang penyimpanan pada ponsel sudah penuh. Pengguna mampu menggunakan fitur Asisten Google yang tersedia untuk membuka aplikasi Google Lens. Google Lens merupakan fitur yang disediakan oleh Google bagi para pengguna Android untuk melakukan scan QR Code tanpa aplikasi. Pengguna pun tak perlu khawatir, karena fitur ini bisa didapatkan tanpa menyita banyak ruang penyimpanan karena tak perlu diunduh di ponsel.

    2. Pilih dan Klik Allow

      Beri izin aplikasi untuk mengakses kamera pada ponsel yang akan digunakan untuk scan QR Code. Aplikasi akan melakukan akses data pada QR Code, melalui akses kamera yang telah diberikan izin oleh penggunanya. Pengguna dapat memilih serta mengklik pilihan Allow yang akan muncul pada pop-up di layar ponsel ketika membuka aplikasi Google Lens.

      3. Telusuri

        Setelah memberi izin pada aplikasi untuk mengakses kamera, pengguna dapat memilih opsi telusuri yang berada pada tab di Google Lens. Opsi tersebut dapat memberi kemungkinan bagi aplikasi Google Lens untuk mendeteksi serta menganalisa hasil tangkapan dari kamera ponsel.

        Setelah memindai QR Code, nantinya aplikasi akan mengeluarkan hasil sesuai dengan kegunaan dari QR Code tersebut. Baik untuk melakukan pembayaran atau pun untuk memperoleh kode pembelian pada sebuah aplikasi belanja

        4. Scan

          Cara selanjutnya, pengguna dapat mengarahkan kamera ponsel dengan aplikasi Google Lens yang telah dibuka ke QR Code yang tersedia. Demi memudahkan proses scan, pengguna dapat memastikan jika QR Code dapat terlihat jelas, QR Code yang tak nampak jelas akan sulit di deteksi.

          Apabila QR Code berhasil dipindai, pengguna dapat menunggunya beberapa saat, aplikasi akan memindai dan mendeteksi QR Code hingga selesai. Setelah selesai dipindai, Google Lens akan mengeluarkan hasil dari QR Code yang telah dipindai tadi.

          5. Buka Hasil Pindai

            Google Lens akan mengeluarkan hasil sesuai dengan keperluan dari QR Code tadi. Hasil scan dapat berupa sebuah URL atau pun kode pembayaran. Apabila hasil pindai berupa URL, pengguna dapat membukanya melalui browser pada tersedia di ponsel yang dipakai.

            Adapun hasil QR Code berupa kode atau pun voucher pembayaran, pengguna dapat menuju aplikasi yang sesuai dengan voucher itu bisa digunakan untuk redeem voucher tersebut. Hasil pindai tersebut pun akan membuat pengguna lebih mudah mengetahui fungsi yang akan didapatkan dari QR Code yang discan tersebut.

            Melakukan cara scan QR Code tanpa aplikasi dapat menjadi solusi bagi pengguna ponsel yang tidak memilki cukup ruang untuk mengunduh berbagai aplikasi scan QR Code. Cara itu juga dapat menjadi solusi terbaik bagi pengguna Android untuk memanfaatkan fitur yang disediakan oleh Google. Beragam fitur dapat dinikmati oleh pengguna tanpa perlu mengunduh terlebih dahulu.